Bacaan Doa Masuk Dan Keluar Mesjid Sesuai Sunnah Beserta Artinya

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Masuk Dan Keluar Mesjid Sesuai Sunnah Beserta Artinya Mesjid adalah tempat yang khusus dibuat untuk sarana ibadah orang muslim dan menjadi tempat untuk silaturrahim umat islam yang berarti bilamana ada orang yang memasuki mesjid dia adalah tamu Allah, karena tidak semua orang yang bisa memenuhi panggilan Allah disetiap adzan dikumandangkan.

Dan dimesjidlah tempat bagi umat islam mengadu semua keluh kesah yang mereka lalui kepada Allah Swt dalam ibadah dan dzikir, dan bilamana seseorang sedang mengerjakan ibadah insya allah akan mendapatkan ketenangan hati dan pikiran.

Oleh sebab itu bila seorang muslim hendak memasuki masjid haruslah mempunyai tatakrama etika dan kesopanan yang bagus dan menghargai mesjid, jangan sampai ketika kita masuk mesjid memakai pakaian tidak sopan, berbicara duniawi di dalam mesjid dan membuang sampah di dalam mesjid.

Bacaan Doa Masuk Dan Keluar Mesjid Sesuai Sunnah Beserta Artinya


Memasuki kantor juga harus punya sopan santun, apalagi memasuki masjid yang menjadi rumah Allah dan tempat kita beribadah. Nah bagi yang belum tahu doa masuk mesjid dan doa keluar mesjid, dibawah ini saya tuliskan lengkap beserta tatakramanya :

Doa Saat Hendak Masuk Mesjid (Diperjalanan)

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ بِحَقِّ السَّائِلِيْنَ عَلَيْكَ وَبِحَقِّ الرَّاغِبِيْنَ إِلَيْكَ وَبِحَقِّ مَمْشَايَ هَذَا إِلَيْكَ فَإِنِّيْ لَمْ أَخْرُجْ أَشَرًّا وَلاَ بَطَرًا وَلاَ رِيَاءً وَلاَ سُمْعَةً بَلْ خَرَجَتُ اتَّقَاءَ سُخْطِكَ وَابْتِغَاءَ مَرْضَاتِكَ فَأَسْأَلُكَ أَنْ تُنْقِذَنِيْ مِنَ النَّارِ وَأَنْ تَغْفِرَلِيْ ذُنُوْبِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ يَا أَكْرَمَ اْلأَكْرَمِيْنَ

Artinya: Ya Allah sesungguhnya saya  memohon kepada-Mu dengan haknya orang-orang yang memohon pada-Mu, dengan haknya orang-orang yang senang pada-Mu, dengan hak berjalansaya padaMu ini, sesungguhnya saya tidak keluar sebagai orang yang kufur atas nikmatMu dan bersikap sombong dan bukan karena riya’, ingin nama baik bahkan kami keluar karena takut murkamu dan mengharap radlaMu maka saya mohon padaMu agar menyelamatkan saya dari api neraka dan mengampuni dosa-dosa saya. Karena sesungguhnya tiada yang bisa mengampuni dosa selain kaMu wahai dzat sang maha pengasih dan sang maha dermawan.

Baca Juga : Doa Pagi Hari

Doa Masuk Mesjid

اَللَّهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Artinya: Ya Allah bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu.

Meniatkan untuk 'itikaf berikut bacaannya :

نَوَيْتُ الإِعْتِكَافَ سُنَّةً لله تَعَالَى

Artinya: Saya niat melakukan sunnat i’tikaf, karena Allah Ta’ala.

Sebelum duduk kita disunnatkan mengerjakan sholat tahiyyatul mesjid, berikut niatnya :


أُصَلِّى سُنَّةَ التَّحِيَّةَ الْمَسْجِدِ رَكْعَتَيْنِ سُنَّةً لله تعالى

Artinya: Saya shalat sunnat tahiyat al-masjid dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Bagi yang tidak bisa mengerjakan sholat sunnah tahiyyatul mesjid bisa membaca doa berikut ini :


سُبْحَانَ الله وَالْحَمْدُ للهِ وَلاَإِلَهَ إِلاَّ الله وَاللهُ أَكْبَرُ

Artinya: Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Tiada Tuhan selain Allah. Allah Mahabesar.

Itulah doa masuk dan tatakrama saat kita memasuki mesjid. Dan saat kita mau keluar membaca doa ini :

Doa Keluar Mesjid :


أَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Artinya: Ya Allah sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu.

Mungkin itulah artikel yang bisa saya bagikan pada pagi hari ini yaitu tentang doa masuk mesjid beserta tatakrama sopan santun saat kita berada dalam mesjid. Semoga kita senan tiasa bisa memenuhi setiap panggilan Allah Swt disetiap harinya.
Advertisement